menu melayang

Lapisan Kedap Air Membuat Kubah Tidak Bocor

 

Lapisan kedap air adalah lapisan yang berfungsi untuk mencegah resapan air hujan sehingga apabila terjadi hujan air tidak akan masuk kedalam ruangan masjid. Selain itu kedap air juga berfungsi untuk meredam suara hujan.


Lapisan kedap air dipasang terlebih dahulu sebelum pemasangan panel-panel kubah masjid. Lapisan kedap air ini sengaja dibuat menyerupai bentuk kubah untuk semakin memperkecil kemungkinan air hujan akan masuk. lapisan kedap air itu sendiri ditopang menggunakan rangka pipa besi dengan diameter pipa yang menyesuaikan diameter kubah masjid itu sendiri.


Proses pembuatan lapisan kedap air ini tidak boleh sampai salah, karena jika terjadi kesalahan & kedap air ini bocor, maka bisa dikatakan bahwa Lapisan Kedap Air yang sudah dibuat tersebut GAGAL.


Kedap Air dibangun sebanyak 2 lapisan, yaitu lapisan Galvalum & lapisan Karet Membran. Lapisan Plat Galvalum ini diatur sedemikian rupa dengan tujuan utama adalah agar air tidak tembus / sebagai anti air. Dipasangnya membran sebagai lapisan ke-2 dari pembuatan kedap air berfungsi sebagai penahan suara (kedap suara). Contohnya, jika hujan turun, suara rintik hujan tidak akan terdengar ke dalam masjid.


Spesifikasi Lapisan Kedap Air

Galvalum tebal 6,0 mm

Waterproofing Membrane sheet tebal 3,0 mm

Pipa Hollow 20 x 40 mm

Cara Pemasangan Kedap Air

Untuk lapisan awal, yaitu menggunakan kedap air galvalum yang disusun bertingkat , kemudian dikaitkan dengan menggunakan drilling.

Selanjutnya adalah pemasangan kedap air membran waterproofing. Kedap air membran ini digunakan untuk melapisi keseluruhan permukaan kedap air galvalum.

Rangka lapisan kedap air dipasang di atas rangka struktur utama dengan jarak yang telah ditentukan, sesuai modul ukuran. Pada tahap ini, kedap air dipasang ke struktur rangka utama dengan cara di las.

Galvalum dipotong sesuai ukuran modul rangka.

Pemasangan galvalum pada rangka menggunakan sekrup SDS (self drilling screw) model kepala tapping. Sekrup dipasang menembus galvalum dan rangka kedap air hingga permukaan kepala sekrup rata dengan permukaan galvalum.

Galvalum yang telah terpasang diolesi lapisan primer kedap air (coating) hingga merata.

Pemasangan antar membrane kedap air harus overlap 5-10 cm

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Blog Ini