menu melayang

Atap Kubah Masjid Enamel Yang Modern

Kubah masjid galvalum adalah salah satu bahan material kubah yang cukup diperhitungkan dalam pembangunan sebuah kubah masjid. Konstruksi bahan galvalum ini sudah lolos uji ketahanan dan kekuatan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan, mengapa ada sebagian masjid yang membangun kubah dengan bahan material galvalum. Hal ini juga berkaitan dengan semakin langkanya material kayu yg selama ini biasa dipakai untuk membangun atap kubah masjid.


Kubah Galvalum merupakan rangka atap baja ringan/galvalum yang dikenal di Indonesia sejak tahun 2000 yang berasal dari Australia 20 tahun sebelumnya dan sudah menjadi material umum untuk rangka atap.


Bahan Galvalum terbuat dari bahan dasar baja lapis Zincalume (55% Aluminium, 43,5% Zinc dan 1,5% Silikon). Untuk Kubah masjid galvalum sendiri pada umumnya memakai kubah kotak maupun panel dengan penutup di bagian permukaan yang dibuat dari material galvalum.


Seluk-beluk atap kubah masjid galvanum

Kekurangan dari kubah galvalum ini yaitu lebih mudah menyerap panas, sehingga dapat mempengaruhi temperatur ruangan. Namun untuk masjid hal ini tidak akan berpengaruh banyak, apalagi pada umumnya bangunan masjid dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan rumah pada umumnya. Meskipun memiliki kelemahan seperti itu, Kubah Galvalum juga memiliki banyak keunggulan yg bermanfaat, yaitu :


1. Daya Rekat Fleksibel

Maksud dari daya rekat fleksibel ini adalah kubah masjid galvalum ini memiliki daya rekat yang cocok untuk segala macam bahan cat dasar. Di samping itu, hal tersebut menjadikan cat sendiir tak mudah terkelupas meskipun terkena paparan dari sinar matahari begitu kuat


2. Tahan Terhadap Korsi atau Karat

Di samping bisa menahan panas, bahan kubah Galvalum sendiri memiliki daya tahan yang begitu besar terutama terhadap korosi atau tingkat pengasaman. Jadi wajar jika bahan kubah dari galvalum ini banyak dimanfaatkan untuk dijadikan atap seperti genteng metal, trimdex, dan sandex. Bahkan kini bahan material galvalum sendiri dimanfaatkan untuk dapat mengganti bahan dari talang yang berjenis karpet atau seng.


3. Tahan Terhadap Panas

Galvalum memiliki kekuatan begitu luar biasa. Di mana material galvalum ini dapat menahan panas hingga temperaturnya mencapai 300oC tanpa terjadi perubaha kontur pada tampilannya.


4. Bisa Menetralkan Cuaca Panas

Masjid dengan kubah berbahan galvalum sendiri bisa untuk menetralkan cuaca yang panas sebab bahan galvalum ini bisa menahan panas sampai temperatur 300 oC. Kubah berbahan galvalum juga tak mudah untuk mengelupaskan cat sebab memiliki daya serap luar biasa. Di samping itu, bahan galvalum untuk kubah masjid juga sangat aman terhadap gangguan cuaca, baik saat panas maupun saat hujan.

 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Blog Ini